Minggu, 18 Desember 2011

Laptopku Hebat

Tahukah kawan, laptopku benar-benar hebat. Laptopku bisa mengeluarkan suara layaknya hairdryer...tidaaak :(

Lalu, aku cari-cari cara agar suara laptopku tak seperti hairdryer lagi. Dan, eehh ketemu ternyata..ini dia...bisa dicoba ni...
diberitahukan bahwa:
laptop saya bernama : jani (alias axioo)
usianya : masih muda, baru 2 tahun
lahirnya : ....*aduh dimana yaa..

duhh jadi kemana-mana. Mari kita liat *check it out..:)

Mengurangi Suara Hairdriyer *alias berisik Kipas Laptop Axioo Neon 

ini dia caranya...

Pertama-tama
cari penyebab dari suara berisik tersebut dengan membuka cover motherboard di bagian bawah laptop, ternyata diketahui bahwa perangkat kipas tersimpan di bagian cover tersebut, terpisah dari motherboard dan prosesornya. Dicurigai getaran saat kipas bekerja yang langsung terhubung dengan cover tersebut menyebabkan getaran dan suara berisik. Cover tersebut bisa dibuka seluruhnya jika kabel kipas sudah dicabut dari soket pada motherboard.
Untuk mengembalikan performa pendinginan menjadi maksimal lagi, bersihkan dahulu perangkat heatsink yang menempel pada badan laptop, lalu bersihkan juga kipasnya. Untuk memudahkan pembersihan, pisahkan kipas dengan cover dengan cara membuka 3 buah sekrup kecil. bersihkan bagian dalam kipas hingga bersih seluruhnya.
Sebelum memasang kembali kipas ke bagian cover, buat peredam yang mampu mengurangi getaran kipas. Caranya yaitu dengan membuat mal (pola) dari badan kipas yang menghadap ke cover motherboard diatas karet tipis, lalu gunting karet tipis tersebut sesuai dengan pola. Pasangkan karet tipis ini diantara kipas dan cover sebelum dipasang sekrup pengikatnya.
Jika sulit untuk mencari karet tipis yang memadai, bisa juga dengan mengunakan selotip kabel elastis yang berwarna hitam. Pasangkan beberapa lapis hingga cukup tebal di badan kipas, baru pasangkan kipas di cover.

Mari kita coba dulu.
Ingin tahu kelanjutannya,,,nantikan esok :) 


0 komentar:

Posting Komentar